Friday, October 23, 2015

Sejarah Menara Eiffel Paris Perancis

EIFFEL, Suatu bangunan dimana hampir seluruh wanita-wanita yang ada dimuka bumi ini mengidam-idamkannya ingin melihat secara langsung sosok bangunan ini. Bangunan raksasa dan kokoh yang menjulang tinggi ke angkasa.
Eiffel adalah suatu menara yang diberi nama Menara Eiffel. Menara yang sangat dikenal  ini terletak tepat di kota Paris, Perancis. Jika kita mendengar kota Paris, semua orang pasti menyebut Eiffel. Menjelajahi di kota Paris, tak lengkap rasanya bila belum mengunjungi Menara Eiffel.

Menara Eiffel merupakan salah satu struktur terkenal di dunia dan telah menjadi Landmark yang menonjol di kota Paris. Tujuan favorit yang tak pernah surut yang wajib dikunjungi oleh para turis  baik turis lokal maupun turis mancanegara adalah menara ini. Menara Eiffel yang merupakan menara besi dibangun dengan tinggi 325 meter dari permukaan tanah. Keindahan dari Menara Eiffel ini menyeret kota Paris masuk kedalam deretan kota-kota paling romantis di dunia. Saat memasuki kawasan Menara Eiffel yang terkenal romantis ini, jangan kaget nantinya jika kita akan melihat antrian yang sangat panjang karena ramainya para pengunjung.

Seine merupakan sungai utama yang ada di kota Paris. Sungai yang tidak jauh keberadaannya dari Menara Eiffel. Menara Eiffel dibangunan tepat  ditepi Sungai  Seine. Menara Eiffel dirancang pada tahun 1887 oleh  Alexander Gustave Eiffel dan mulai dibangun pada tahun 1889. Oleh karena itu menara ini dinamai Eiffel karena menara ini diambil dari nama perancang bangunan ini. Sebelum membangun menara ini dikota Paris, pada tahun 1887 Gustave Eiffel berencana membangun menara di kota Barcellona karena adanya beberapa alasan, proposal pembangunan itu ditolak dan akhirnya Gustave Eiffel membangun menara ini di kota Paris. 

Kurang lebih tiga ratus orang dipekerjakan Gustave Eiffel untuk membangun menara pencakar langit di kota Paris ini. Gustave Eiffel  berpikir harus membangun menara yang kuat dan tahan terhadap angin. Akhirnya hasil ide kreatif Gustave Eiffel tersebut maka menara dapat dirancang  tahan terhadap angin. Menara ini dibuat dari susunan besi baja sebanyak 18.038 besi yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Tingginya Menara Eiffel  adalah hampir sama dengan tinggi dari 81 tingkat gedung  yaitu 325 meter dengan jari-jari 88.3 meter dan berat menara 10.100 ton. 

Menara Eiffel mempunyai beberapa tingkatan. Untuk menuju tingkatan-tingkatan tersebut, menara ini dilengkapi dengan beberapa anak tangga dan sebuah lift. Tingkat pertama mempunyai tinggi  dari dasar tanah sekitar 57 meter, tingkat kedua tingginya 115 meter dan tingkat ketiga 276 meter. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei 1889. Pada tanggal 10 September 1889, Thomas Edison mengunjungi Menara Eiffel. Ia mengisi buku tamu dan memberi penghargaan kepada Gustave eiffel.

Menara Eiffel Saat Ini

Saat ini dipuncak Menara Eiffel dipasang beberapa antena. Banyak dari berbagai perusahaan televisi ikut berperan dalam memasang antena-antena mereka dipuncak Eiffel. Menara juga dilengkapi 4 lampu laser xenon yang berkekuatan 6.000 watts berputar secara permanen di puncak menara. Selain itu menara juga diterangi dengan 352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap setengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko. Dapat dibayangkan betapa indahnya menara ini jika kita datang dan menikmati indahnya lampu-lampu yang ada  dimenara ini dimalam hari.

Untuk para pengunjung menara eiffel, bila sudah puas melihat keindahan dari atas menara, didasar menara Eiffel banyak terdapat restoran-restoran yang bisa dinikmati. Dan pengunjung juga dapat duduk-duduk di bangku yang tersedia di sekitar menara. Taman yang indah dan bunga-bunga yang beraneka warna membuat pengunjung betah berlama-lama berada di kawasan menara ini sambil menghabiskan malam  hingga bergantinya hari. 


Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon