Wednesday, January 27, 2016

Sejarah Olahraga Bola Voli

Olahraga bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh 6 orang dalam setiap grup. Sama halnya dengan olahraga sepak bola, olahraga bola voli juga menggunakan sebuah bola dalam olahraga ini. Yang membedakannya dengan sepak bola adalah olahraga bola voli dimainkan dengan cara memukul bola tersebut dengan menggunakan tangan. Namun dalam olahraga bola voli pantai hanya dimainkan oleh 2 orang dalam satu grup. Olahraga bola voli sedunia bernaung dibawah FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sedangkan di Indonesia oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).



Sejarah


Penemuan olahraga bola voli berawal dari seorang instruktur pendidikan jasmani bernama William G. Morgan pada tanggal 9 Pebruari 1895 di Holyoke, Amerika. Dulunya olahraga ini bernama Mintonette. Ketika bertemu William G bertemu dengan James Naismith (pencipta olahraga bola basket), William kemudian menciptakan sebuah olahraga yang dinamainya Mintonette selang setelah 4 tahun diciptakannya olahraga bola basket. Mintonette menggabungkan beberapa permainan olahraga yaitu bola basket, baseball, bola tangan dan tenis. Mintonette atau bola voli dahulunya diciptakan bagi anggota YMCA yang sudah lanjut usia.

Pada tahun 1896 nama Mintonette pun berubah menjadi Volleyball (Bola Voli). Di kampus YMCA, Morgan diminta oleh Dr. Luther Halsey G yang saat itu adalah pimpinan departemen pendidikan YMCA untuk mendemonstrasikan permainan yang ia ciptakan. Morgan menjelaskan bahwa permainan itu bisa dimainkan oleh banyak pemain serta permainan ini bisa dimainkan baik diluar maupun didalam lapangan. Tujuan dari permainan olahraga ini dijelaskan Morgan adalah untuk mempertahankan bola tetap bergerak melewati net.


Perkembangan Bola Voli Dunia Internasional


Olahraga bola voli berkembang dengan sangat cepat dan pada saat itu YMCA pun membuat sebuah kejuaraan bola voli skala nasional. Akhirnya olahraga ini berkembang ke seluruh dunia dan bola voli dipertandingkan untuk pertama kalinya Polandia pada tahun 1974.

Selang 10 tahun tepatnya pada 1984 didirikanlah Federasi Bola Voli Internasional (IVBF) yang saat itu hanya beranggotakan 15 negara. IVBF berkedudukan di Paris sebagai induk dari olahraga voli internasional.

Olahraga voli adalah salah satu olahraga yang sangat fleksibel untuk dimainkan. Permainan ini tidak bisa dimainkan di lapangan terbuka mau pun tertutup. Lapangan tidak harus luas. Mudah dimainkan danterbilang sederhana. Hal inilah yang membuat olahraga bola voli sangat banyak digemari oleh masyarakat dan berkembang dengan sangat cepat di berbagai negara.

Sejara Olahraga Bola Voli di Indonesia


Olahraga bola voli masuk ke Indonesia bersamaan dengan masa penjajahan Belanda pada tahun 1928 melalui jalur perdagangan dan kolonialisme. Perkembangan bola voli sangat cepat di Indonesia hal ini dibuktikan dengan diadakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 pada tahun 1952 di Jakarta. Sampai saat ini olahraga bola voli menjadi olahraga resmi yang dipertandingkan di Indonesia.


Pada 22 Januari 1955 didirikanlah Organisasi Bola Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang diketuai oleh W. J. Latumenten. Dan pada tanggal 28-30 Mei 1955 diadakanlah kongres dan kejuaraan nasioanal yang pertama di Jakarta.

Artikel Terkait

1 komentar so far

kebetuln saya baru mencai tentang sejarah bola voli dan bagaimana cara mudah belajarteknik dasar bola voli ya, terimakasih


EmoticonEmoticon