Tuesday, July 26, 2016

Amalan Agar Dosa Zina Terampuni

Tags

Ingin tahu amalan agar dosa zina terampuni? Sebelum menjawab pertanyaan itu, sebenarnya setiap umat Islam tahu bahwa zina merupakan salah satu dari dosa besar. Namun, dosa besar yang satu ini sering kali dianggap remeh dan enteng oleh sebagian umat Islam yang tergoda karena nafsu syahwat. Menjalin hubungan yang tidak sah seperti pacaran atau bahkan selingkuh walau sudah memiliki istri kemudian terjerumus kedalam hubungan terlarang yakni berzina.
Lakukan beberapa amalan berikut ini jika ingin dosa zina yang sudah dilakukan terampuni oleh Allah yang maha pengasih dan penyayang serta maha menerima taubat.




1. Taubat
Amalan agar dosa zina terampuni yang pertama adalah taubat. Allah berfirman di dalam surat At-Taubah ayat 104:
“Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya?”.
Dari sini dapat diketahui bahwa syarat diampuninya dosa adalah dengan taubat. Begitu juga dengan dosa zina. Tentu taubat disini adalah taubatan nasuha yakni taubat secara sungguh-sungguh, berjanji tidak akan mengulangi termasuk berjanji tidak akan mendekatinya.

2. Menyesal
Amalan berikutnya adalah menyesal. Allah berfirman di dalam surat An Nisa ayat 110:
 “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Jadi, selain bertaubat yakni berhenti untuk melakukan atau mendekati zina termasuk juga bentuk maksiat lainnya, agar dosa zina terampuni adalah dengan menyesal sedalam-dalamnya atas perbuatan zina itu. Dengan penyesalan itu berarti ia sadar bahwa dirinya telah melakukan dosa besar dan tidak akan mengulangi lagi.

3. Tidak melakukan kemaksiatan lagi
Amalan agar dosa zina terampuni selanjutnya adalah dengan tidak melakukannya lagi. Allah berfirman di dalam surat An Nisa ayat 145-146:
“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.”
Jadi, memang sudah sepantasnya ketika kita bertaubat, menyesal maka kita harus berjanji dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi.

4. Bersegera taubat, lakukan amal shaleh
Ingatlah, jangan menunda-nunda untuk bertaubat. Bersegeralah serta jangan pernah memiliki rasa putus asa bahwa dosa kita tidak akan terampuni. Selalu mohon ampun, beristighfar dan lakukanlah amalan shaleh untuk menutupi dosa yang lalu dengan pahala dari amal shaleh.
Allah berfirman  “Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).
Insyaallah, dengan melakukan berbagai amalan agar dosa zina terampuni diatas, semoga dosa zina yang sudah dilakukan segera diampuni oleh Allah. Aamiin.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon