Tuesday, July 26, 2016

Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap Mengandung Tiga Ribu Sel Kanker

Apakah benar lele Ikan paling kotor? Sebelumnya, memang ikan lele mengandung beberapa protein hewani seperti DHA, omega 3 dan omega 6 serta mengandung vitamin B-12. Namun, ada juga informasi yang mengatakan bahwa ikaln lele merupakan ikan yang paling kotor serta mengandung tiga ribu sel kanker. Benarkah demikian? Perhatikan ulasan berikut ini.




1. Lele hidup di tempat kotor dan bernoda
Memang ada juga peternak lele yang mengembangbiakkan lelenya di kolam yang bersih seperti kolam ikan pada umumnya. Namun, kenapa dikatakan lele Ikan paling kotor karena ada juga lele yang dikembangbiakkan bersamaan dengan kandang ayam dan kandang babi. Artinya, lele tersebut diberi makan dari kotoran hewan termasuk juga kotoran manusia. Bahkan diberi makan berupa bangkai ayam.

Hal ini berdasarkan pengakuan peternak lele, Zhang Ri-hong asal Tiongkok. Ia yang sudah memasok lele ke banyak tempat di daerah Haikou mengaku bahwa lelenya dibudidayakan bersama dengan kandang ayam dan babi. Di dalam kolam juga terdapat banyak sampah.
Jika menurut fikih Islam, mengkonsumsi ikan lele memang halal. Namun, jika ikan lele tersebut diberi makan dari kotoran atau bangkai makan mengkonsumsinya menjadi haram karena lele tersebut sudah terkategori binatang jallalah yakni binatang yang mengkonsumsi makanan najis dan kotor. Perlu adanya karantina selama beberapa hari di tempat atau kolam yang bersih serta diberi makan yang bersih sebelum dikonsumsi.

2. Lele mengonsumsi limbah
Kenapa lele Ikan paling kotor? Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang mengonsumsi limbah berupa kotoran hewan dan manusia. Mereka juga hidup dan mudah berkembang di tempat yang bernoda. Hal ini yang harus selalu diwaspadai oleh para konsumen apalagi penggemar ikan lele yang biasanya ada di pinggiran jalan. Pecel lele memang enak, tapi kita perlu hati-hati akan kebersihannya.
Beberapa waktu lalu, ada seorang dokter yang mengakui bahwa ia sering memiliki pasien yang terkena penyakit Thyroid yang juga membengkak serta timbul infeksi. Ada beberapa tanda dari penyakit ini yang juga dialami oleh seorang juragan lele di Jogjakarta. Dokter tersebut bertanya kepada seorang professor dokter yang berada di Pluit dan ditemui bahwa lele yang dikonsumsi mengandung toksin ringan. Hal ini bisa dilihat ketika ikan lele digoreng. Minyak goreng yang tadinya bening akan berubah menjadi hitam.

Dari sini bisa dikatakan bahwa jika ada yang mengatakan bahwa lele adalah ikan yang mengandung 3000 sel kanker dalam tubuhnya, maka wajar saja terutama bagi peternak lele yang tidak peduli dengan kesehatan serta kebersihan lele mereka. Memberi pakan dari kotorang dengan tujuan menghemat biaya produksi juga bisa saja terjadi. Selain itu, bisa juga lele yang dipasarkan tidak dikarantina terlebih dahulu. Jika demikian adanya, maka sebutan lele Ikan paling kotor bisa jadi benar. Hati-hatilah!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon